Jabatan-jabatan Yang Umum Nya Terdapat Pada Hotel Besar

Dalam struktur Organisasi Hotel, setiap orang ada pada jabatan nya masing-masing harus menyadari bahwa keberadaanya adalah untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan hotel. meraa juga harus memahami raung lingkup tugas dan tanggung jawabnya yang tercantum pada uraian tugas. Yang tidak kalah penting untuk dipahamisetiap petugas adalah jalur-jalur kerjasama, seperti dengan siapa harus bekerjasama, dengan siapa tugas-tugas perlu dikomunikasikan , dan lain sebagainya. pekerjaan itu dapat dikomunikasikan melalui kontak langusng maupun dengan menggunakan memorandum,formulir,dan peperwork lainnya.

Hasil gambar untuk karyawan hotel

Penggunan istilah jabatan pada prinsipnya sama. Hal yang kerap membedakan adala kecenderungan hotel dalam mengadopsi asal dari istilah tersebut. misalnya, untuk jabatan Manager di eropa digunakan istilah Director dalam bahasa Prancis. Contoh lain adalah penggunaan isitilah chief yang merujuk pada pimpinan tertinggi suatu Departemen.

berikut ini akan diuraikan beberapa jabatan yang umumnya ada pada hotel-hotel besar :

       1. General Manager
adalah puncak pimpinan dari sebuah organisasi hotel. Ia adalah orang yang bertanggung                  jawab atas keseluruhan penyelenggaraan hotel dan untuk kerja seluruh karyawannya. sebagai              wakil dari kepentingan pemilik hotel, General Manager juga bertanggung jawab untuk membuat          kebijakan-kebijakan yang mengangkat popularitas dan meningkatkan penghasilan hotel, baik              penghasilan kamar, makanan dan minuman, maupun pendapatan lain. General Manager adalah            orang yang paling berpengaruh dalam menjalankan fungsi-fungsi menejerial di hotel, seperti                perencanaan, pengambilan keputusan, per-organisasian, pengaturan staff, pengawasan,                        pengarahan, komunikasi, evaluasi, dan peningkatan kompetensi karyawan.

     2. Assistant General Manager 
Adalah wakil atau pembantu General Manager, Assmen umum nya terdapat pada hotel-hotel            besar dimana tugas General Manager perlu dibantu dan didukung oleh Assmen. Penanganan                tugas-tugas manajemen yang telah dirumuskan dan diarahkan oleh General Manager                    dilaksanakan dan dikomunikasikan kepada Assmen. Selanjutnya Assmen akan meneruskannya            kepada Departement Head.

      3. Controller
Merupakan akuntan internal hotel. pemegang jabatan ini bertanggung jawab atas efektifitas              pengelolaan administrasi dan penyajian data keuangan yang disusun setiap hari. Status                        keuangan        memang harus tersedia setiap hari agar corporate owner dan manajemen dapat              mengakses ketika        memerlukannya.

    4. Plant Engineer
Adalah pejabat yang bertanggung jawab atas pemeliharaan,pengelolaan, dan perbaikanseluruh          aset, seperti gedung beserta ornamennya, hotel, perlengkapan mekanik dan elektronik, dan juga          energi hotel. plant engineer memiliki tim solid yang terdiri dari ahli listrik, plumber, mekanik,            kontraktot alat pemanas, ventilasi, dan pendingin ruangan.

    5. Executive Housekeeper
Bertanggung jawab atas kebersihan kamar tamu dan area umum yang dimiliki hotel. EH                  adalah jabatan yang memerlukan kerja keras dengan mengarahkan seluruh kekuatan karyawan            Housekeeping untuk mencapai keberhasilan tugasnya. EH harus memastikan bahwa stok                  perlengkapan kamar, peralatan, dan bahan pembersih selalu tersedia.

    6. Human Resources Manager
adalah pejabat yang diharapkan selalu mampu untuk mengelola sumber daya manusia untuk            keberhasilan hotel. HRD Manager harus menguasai hukum dan perundang undangan yang                  berkaitan dengan ketenagakerjaan, baik lokal maupun nasional. tugas lain yang tidak kalah                pentingnya antara lain menerima dan mengangkat pegawai baru, menyelenggarakan semua                administrasi kepegawaian dan kegiatan karyawan, serta mengadakan pelatihan terhadap                      karyawan.

    7. Marketing And Sales Director
adalah pejabat kunci yang menentukan keberhasilan hotel dalam menjual produk produknya ke        konsumen. pemasaran yang efektif dan efisien perlu direncanakan oleh manajer pemasaran. dia          juga harus menerapkan strategi jitu agar konsumen mau datang dan menginap dihotel. selain              menginap dihotel tamu juga diarahkan untuk menggunakan produk dan layanan lainnya.

    8. Food And Beverage Manager
makanan dan minuman merupakan pendapatan terbesar kedua setelah kamar. Oleh karna itu            seorang Food And Beverage Manager perlu mengelola Departemen F & B agar dapat                  menyajikan maknan dan minuman berkualitas yang disenangi oleh tamu.

    9. Front Office Manager
kantor depan adalah departemen sentral yang menjadi penghubung departemen lain. Oleh                karna itu Front Office MAnager adlah orang yang memiliki kemampuan berkomunikasi yang              efektif dan efisien.

   10. Security Director
bertanggung jawab atas keamanan hotel secara keseluruhan. ruang lingkup pengamanan hotel          meliputi para karyawan, para tamu, dan aset hotel. security hotel perlu menciptakan kondisi hotel        yang aman sehingga tamu nyaman tinggal dihotel dan para karyawan dapat bekerja dengan                  nyaman.


Jabatan-jabatan Yang Umum Nya Terdapat Pada Hotel Besar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Riyadi Nur Fajar

0 comments:

Post a Comment