Jenis-Jenis Sistem Operasi Komputer


Jenis Sistem Operasi Komputer
Sitem Operasi komputer merupakan salah satu perangkat lunak yang paling penting dalam sebuah sistem komputer. Tanpa adanya sistem operasi, maka semua perangkat keras secanggih apapun tidak akan bisa dioperasikan dengan optimal. Sistem operasi secara umum dapat diartikan sebagai sebuah software atau perangkat lunak yang berisi keseluruhan sistem yang dapat mengoprasikan sebuah rangkaian komputer.
Baca juga : Fungsi Sistem Operasi Pada komputer



Apa saja jenis-jenis dari sistem operasi komputer?
Saat ini sistem operasi komputer tidak hanya digunakan pada komputer jenis personal komputer dan juga desktop saja, namun juga digunakan pada smartphone yang banyak digunakan pada era globalisasi saat ini. Apabila dilihat dari berdasarkan kontak atau interface dengan usernya, sistem operasi komputer bisa dibedakan menjadi dua, yaitu :

Command Line Interface (CLI)
Command Line Interface atau CLI merupakan jenis sistem operasi komputer yang memiliki kontak interaksi dengan usernya atau interfacenya menggunakan perangkat keras yang berbasis huruf, angka, dan juga simbol. Saat ini, CLI sudah jarang sekali, dan bahkan sudah tidak digunakan sama sekali, apalagi untuk keperluan user. CLI banyak digunakan untuk keperluan khusus saja, contoh dari sistem operasi berbasis CLI ini adalah Sistem Operasi DOS.

Baca juga : Pengertian Sistem Operasi Berbasis CLI

Graphical User Interface (GUI)
Graphical User Interface merupakan jenis sistem operasi komputer yang mengandalkan interaksi grafis antat user atau penggunanya. Penggunanya dapat memperoleh informasi secara lebih jelas dengan tambahan fitur grafis, dan juga pewarnaan, sehingga tidak monoton. GUI banyak digunakan pada sistem operasi saat ini, seperti Windows dan juga Mac OS.

Baca juga : Pengertian Sistem Operasi berbasis GUI

Beberapa Jenis Sistem Operasi Komputer Populer
Berikut ini adalah beberapa jenis dan juga beberapa macam sistem operasi komputer yang populer dan juga banyak digunakan secara luas oleh berbagai user di dunia.
Berikut Sistem Operasi Komputer Populer :

Windows
Windows merupakan salah satu sistem operasi paling populer, dan banyak digunakan oleh berbagai kalangan user. Windows merupakan pengembangan dari sistem operasi DOS, yang sudah mendukung fitur GUI. Mulai dari pertama kali diluncurkan, yaitu versi 1.0, saat ini Windows sudah masuk ke tahapan perkembangan terakhirnya, yaitu Windows versi 10.0.


Baca juga : Macam-Macam Sistem Operasi Handphone

Mac OS
Mac OS merupakan pesaing terdekat dari sistem operasi Windwos. Mac OS atau Macintosh merupakan sistem operasi yang diciptakan oleh Apple,Inc. Apabila dilihat dari sejarah pembuatan dan juga pengembangannya, Mac OS merupakan sistem operasi pertama yang mendukung GUI atau sitem Graphical User Interface.
Linux
Linux merupakan sistem operasi yang bersifat open source. Sifat ini berarti Linux memiliki source code pemrograman yang bisa dirubah dan dimodifikasi sesuai dengan kemauan usernya. Linux merupakan salah satu jenis sistem operasi komputer yang gratis, dan memiliki biaya yang sangat murah apabila dibandingkan dengan Mac dan juga Windows.

Mungkin itu saja informasi yang bisa saya berikan, semoga berguna dan bermanfaat 😆


Jenis-Jenis Sistem Operasi Komputer Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Riyadi Nur Fajar

1 comments: