Pengertian Dan Fungsi LAN

Pengertian LAN

  Local Area Network (LAN) merupakan suatu jaringan dimana perangkat keras dan perangkat lunak dapat saling berkomunikasi dalam daerah yang terbatas. LAN hanya dapat dapat menjangkau daerah yang sangat terbatas, Contohnya hanya bisa menjangkau dalam satu gedung saja.

Karena keterbatasan jangkauannya tersebut kecepatan transmisi data akan menjadi sangat tinggi. Kabel LAN juga dikenal sebagai kabel UTP.



LAN sendiri terdiri atas server,client,dan gateway.
Diamana server dalam LAN merupakan satu atau lebih komputer yang menggunakan sistem operasi server. Tugas server disini adalah sebagai penyedia media simpanan dan layanan lainnya yang membuat komputer-komputer dalam jaringan mampu menggunakannya baik secara individual ataupun beesama-sama.

Baca juga : Macam-macam jaringan komputer

Sedangkan client merupakan komputer yang menggunakan sistem operasi windows yang terhubung ke jaringan LAN.
Dan yang terakhir gateway, gateway sendiri merupakan sebuah alat yang ada pada jaringan yang mempunyai fungsi untuk melakukan komunikasi dengan jaringan lain.

FUNGSI LAN 


  • LAN berfungsi sebagai pemberi koneksi jaringan jnternet dalam suatu ruangan
  • LAN juga berfungsi untuk membuat keamanan data lebih terjamin karena dengan adanya LAN seorang server dapat mengatur data-data penting yang hanya dapat diakses oleh user tertentu saja
Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu anda 😆

Pengertian Dan Fungsi LAN Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Riyadi Nur Fajar

3 comments: