Kelebihan dan Kekurangan Sistem Operasi Windows

kelebihan dan kekurangan Sistem Operasi Windows

Pada artikel kali ini saya akan mengulas beberapa kelebihan dan kekurangan sistem operasi windows.

Seperti kita ketahui Sistem Operasi Windows adalah besutan salah satu perusahaan raksasa software dunia yaitu Microsoft. Sistem Operasi Windows saat ini masih menjadi sistem operasi paling populer dan paling banyak digunakan diseluruh dunia.



Pertama kali muncul, Windows hadir dengan versi windows Graphic Environment ditahun 1983. Namun versi ini baru dipasarkan tahun 1985. Hingga saat ini, windows tidak hanya menjadi sistem operasi bagi PC namun untuk smartphone juga dengan berbagai vendor menggunakan sistem operasi windows.

Baca juga : Jenis-jenis sistem operasi komputer

Berikut kelebihan dan kekurangan sistem operasi windows :

Kelebihan :

User friendly
User friendly berarti bahwa sistem operasi windows mudah digunakan untuk berbagai kalangan mulai dari pengguna awam sampai profesional.
Beragam tools dan aplikasi yang berada pada windows terbilang mudah di operasikan dan mudah dimengerti. Tidak heran jika penggunanya sangat banyak dengan ragam usia dan kalangan.

Memiliki banyak fitur dan aplikasi
Windows dilengkapi dengan ragam fitur dan aplikasi yang bervariasi dalam jumlah yang cukup banyak. Sehingga bisa memenuhi kebutuhan setiap penggunanya. Sistem Operasi windows kompetible dengan begitu banyak aplikasi diluar bawaannya sendiri. Sehingga pengguna bisa

Mudah diperbaiki dan mudah dikembangkan
Masalah yang muncul pada sistem operasi ini tergolong mudah untuk diperbaiki karena banyaknya dukungan developer.
Sehingga hal ini memudahkan para progeammer untuk memahami dan memperbaiki masalah-masalah yang ada.

Baca juga : Pengertian sistem operasi berbasis GUI

Kekurangan :

Harga
Windows bukanlah sistem operasi gratis atau freeware, meskipun kebanyakan orang menggunakan versi windows bajakan. Harga yang dipatok untuk windows Original masih terbilang cukup tinggi.

Virus
Linux memiliki ketahanan terhadap virus yang lebih baik dibanding windows. Hal ini sangat sering dikeluhkan para penggunanya.

Keamanan
Selain ketahanan terhadap virus, faktor keamanan yang dimiliki Windows juga masih kurang. Akibatnya kelemahan ini sering dimanfaatkan penjahat untuk melakukan serangan ke pengguna sistem operasi Windows.

Mungkin itu saja informasi yang dapat saya berikan, semoga artikel ini berguna dan bermanfaat 😆

Kelebihan dan Kekurangan Sistem Operasi Windows Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Riyadi Nur Fajar

1 comments: