Jenis-Jenis Komputer Berdasarkan Kemampuan Kerjanya

Jenis-jenis komputer dilihat berdasarkan kemampuan kerjanya:

Micro komputer
Komputer ini khususnya digunakan untuk single user, biasa disebut juga dengan komputer desktop atau komputer pribadi. Komputer ini sudah dirancang sedemikian rupa untuk mampu berinteraksi dengan penggunannya.

Micro komputer

Mini komputer
Komputer mainframe sangat mahal dan hanya perusahaan besar yang mampu menggunakannya. Untuk membuat komputasi yang lebih tersedia, dibuat jenis komputer yang lebih kecil dari manframe yang disebut dengan minicomputer, yang dikembangkan sejak tahun 60-an. Komputer jenis ini digunakan lebih luas dari pada mainframe, karena alasan untuk mendapatkan yang tidak lebih mahal dari mainframe, tapi lebih mudah dalam pengoprasian dan pemeliharaan. Sekarang ini istilah minicomputer disamakan dengan server, karena peran utamanya adalah mengoordinasi suatu jaringan komputer.

Baca juga : jenis-jenis komputer berdasarkam kemampuan data yang diolah

Mini komputer

Mainframe komputer
Manframe dapat melayani ratusan penggunanya pada saat yang bersamaan. Komputer ini mirip dengan minikomputer namun lebih besar dan lebih mahal. Penggunaaan pada umumnya untuk pengolahan data dari suatu divisi atau perusahaan besar yang membutuhkan pengolahan yang cukup berat.


Mainframe komputer

Super komputer
Komputer ini merupakan komputer paling bertenaga. Aplikasi yang digunakan biasanya lebih cenderung untuk penelitian ilmiah. Komputer ini biasanya memiliki beberapa prosesor sekaligus untuk menjalankan tugasnya. Superkomputer


biasanya unggul dalam kecepatan dari komputer biasa dengan menggunakan desain inovatif yang membuat mereka dapat melakukan banyak tugas secara paralel, dan juga detail sipil yang rumit. Komputer ini biasanya penghitungan angka, dan dalam tugas umumnya tidak bagus hasilnya. Superkomputer digunakan untuk tugas penghitungan-intensif seperti perkiraan perkiraan cuaca, reset ikli, analisikrip, dan lain-lain. Militer dan agensi sains salah satu pengguna utama superkomputer.

Jenis-Jenis Komputer Berdasarkan Kemampuan Kerjanya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Riyadi Nur Fajar

0 comments:

Post a Comment