Jenis-Jenis Kamera

Dalam dunia Fotografi kita banyak mengenal berbagai jenis kamera yang digunakan untuk menangkap dan mengabadikan setiap momen dalam hidup kita. Berbagai macam kamera dapat dikelompokan menjadi beberapa kelompok yang masing-masing memiliki kekebihan dan kekurangan. Hal ini mungkin berguna untuk anda yang sedang bingung untuk memilih kamera mana yang cocok untuk keseharian anda. Berikut adalah jenis-jenis kamera!



Compact Digital

Kamera jenis ini merupakan kamera digital paling simpel. Dengan ukurannya yang tidak terlalu besar dan pas di kantong atau biasa disebut kamera saku, menjadikan kamera ini banyak dipilih untuk pengguna yang membutuhkan kamera yang hanya sekedar mendapat foto saja. Dengan fitur standar namun memiliki mobilitas tinggi. Kamera ini juga tidak mempunyai shoot mode dialer.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan kamera saku

Biasanya untuk menekan harga kamera ini memiliki dua jenis input baterai, baterai AAA atau pum baterai bawaan yang bisa dicharge. Yang menggunakan baterai AAA harganya jauh lebih murah.

Cocok untuk digunakan pada event indoor, event outdoor yang tidak terlalu mengandalkan zoom, dokumentasi standar, anda yang memiliki mobilitas tinggi dan tidak mau repot.

Prosumer

Kata "Prosumer" diambil dari kata PRofesional dan conSUMER. Kamera yang berjenis point and shoot ini mempunyai fitur lebih lengkap dibandingkan dengan kamera saku, antara lain pengaturan exposure dan iso secara manual. Ada beberapa orang menggunakan kamera jenis ini untuk memulai belajar Fotografi karena dirasa lebih praktis dan fungsional daripada kamera DSLR.

Baca juga : pengertian dan fitur kamera prosumer

Digital SLR (DSLR)

Kamera yang satu ini adalah salah satu kamera yang banyak diimpikan. Karena ini memiliki segudang keunggulan yang diperlukan untuk pecinta fotografi baik pemula maupun PRO. Kualitas kamera ini tidak perlu dipertanyakan lagi, sebab dengam kamera DSLR ini anda bisa melihat gambar-gambar yang menakjubkan diberbagai media. Sensor yang digunakan umumnya lebih besar dari pada kamera yang dijelaskan sebelumnya. Pengguna dapat mengatur mode pengambilan gambar sesuka hati secara manual untuk hasil yang diinginkan. Fitur pertukaran lensa juga sangat menguntungkan pengguna agar lebih mudah mengambil gambar untuk berbagai keperluan. Secara garis besar kamera DSLR memberikan banyak kelebihan yang lain selain yang dituliskan, namun bukan berarti tidak memiliki kekurangan.

Mirorless

Kamera yang satu ini muncul baru ini kira-kira pada tahun 2008 yang lalu. Jadi kamera Mirorless merupakan kamera yang mirip dengam kamera DSLR namun menghilangkan cermin yang namun ada di kamera DSLR. Dengan dihilangkannya nya cermin tersebut maka kamera Mirorless memiliki cara kerja dimana cahaya yang masuk tidak dipantulkan ke viewfinder oleh cermin, melainkan langsung diterima oleh sensor. Kualitas hasil bidikan kamera ini sudah mendekati hasil kamera DSLR karena beberapa kamera sudah mengusung sensor Full Frame. Umumnya ukuran dari kamera ini relatif lebih kecil bahkan sama dengan kamera saku. Yang cukup menarik dari kamera mirorless diciptakan sebagai jalan tengah antara kamera saku dan kamera mirorless.

Jenis-Jenis Kamera Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Riyadi Nur Fajar

0 comments:

Post a Comment