Macam-macam Sistem Operasi Handphone

Jadi pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit informasi mengenai Sistem Operasi pada handphone.
Jadi Apa itu sebenarnya Sistem Operasi langsung aja ke postingan sebelumnya

Baca juga : Pengertian Dan Fungsi Sistem Operasi

Symbian

Symbian OS adalah sistem operasi tak bebas yang dikembangkan oleh symbian ltd. Yang dirancang untuk digunakan peralatan bergerak (mobile). Saat ini Symbian OS banyak telah banyak digunakan oleh berbagai vendor produk peralatan komunikasi mobile pada berbagai jenis produk mereka yang bervariasi. Variasi dari sisi hardware ini dimana Smybian OS diimplementasi dapat dimungkinkan karena sistem operasi ini memiliki antarmuka pemprograman aplikasi (Applikasi Programming Interface).

Baca juga : kelebihan dan kekurangan Symbian

Windows Phone

Windows Mobile adalah salah satu sistem operasi OS mobile yang dikembangkan oleh microsoft dan didesajn untuk digunakan pada smartphone dan perangkat nirkabel lainnya. Versi saat ini disebut 'Windows Mobile 6.5'. OS ini berbasis pada Windows CE 5.2 karnel, dan fiur-fiturnya dikembangkan menggunakan Microsoft Windows API. Windows Mobile didesain sedemikian rupa agar mirip dengan versi Windows Desktop. Sebagai tambahan, third party software development tersedia untuk Windows Phone.

Baca juga : kelebihan Windows Phone

Android

Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis linux. Android menyediakan platfrom terbuka bagi para pengembang buat menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak.  Awalnya, Google Inc. Membeli android Inc. Pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel.

Baca juga : Kelebihan Dan Kekurangan Android

BlackBerry

Sistem operasi ini dikembangkan oleh RIM (Research In Motion) yang merupakan sebuah perusahaan multinasional yang menghasilkan berbagai macam produk telekomunikasi. Didirikan pada tahun 1984. Perusahaan ini bermarkas di waterloo, Ontario. OS ini saat ini digunakan oleh ponsel BlackBerry keluaran RIM. Sistem operasi dapat melakukan multitasking dan mendukug perangkat input khusus yang telah diadopsj oleh RIM untuk digunakan seperti trackwhell,trackball, dan yang paling baru-baru ini adalah trackpad dan touchscreen.

Baca juga : Kelebihan Dan Kekurangan BlackBerry

Apple

Apple sebagai kompetitor bebuyutan microsoft juga tidak mau kalah untuk terjun didunia ponsel. Sama seperti Windows Mobile, Iphone OS pun menawarkan hal yang sama yaitu sinkronisasi dengan produk Apple yang lain.

Baca juga : - Kelebihan Dan Kekurangan Sistem Operasi iOS
                     - Kelebihan Dan Kekurangan MacOS
                    

Itu saja dari saya mengenai Macam-macam Sistem Operasi Handphone. Semoga bisa membantu dan bermanfaat 😆

Macam-macam Sistem Operasi Handphone Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Riyadi Nur Fajar

1 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete