Kelebihan Dan Kekurangan Kamera Mirrorless

Dalam beberapa tahun terakhir, industri kamera dihantui oleh istilah mirorless. Tidak sedikit fotografer profesional yang memutuskan untuk memensiunkan karena DSLR nya dan beralih ke mirorless. Sejumlah pabrikan, termasuk Fujifilm yang populer di era kamera analog, kini juga ikut menekuni bidang mirorless dan meraih sukses.




Pada kali ini saya akan membahas mengenai kelebihan-kekebihan kamera mirorless, berikut kelebihannya:


Baca juga : Jenis-Jenis Kamera

Ukuran lebih ringkas dan bobot lebih rigan

Karena susunan cermin dan pentaprisma di DSLR yang menyita banyak ruang, sebuah kamera mirorless tanpa keduanya bisa memiliki bentuk yang lebih ringkas dan material body yang lebih sedikit, sehingga bobot kosongnya lebih ringan. Populernya Fotografi dengan smartphone mengajari produsen kamera, bahwa orang akan lebih banyak memotret kalau kameranya tidak ribet dan bisa dibawa kemanapun.

Live preview

Dengan kamera mirorless kita bisa memperoleh live preview dengan gambar yang sama persis dengan hasil akhir foto, apa yang kita lihat preview adalah apa yang akan kita dapatkan.

Baca juga : Pengertian Dan Fitur Kamera Prosumer

Harga

Material lebih sedikit dengan mekanisme yang tidak sekompleks DSLR membuat kamera mirorless harusnya lebih murah. Tentu harga ditentukan juga oleh tingkag supply dan demand disertai dengan biaya riset teknologi mirorless itu sendiri yang masih baru, namun intinya mereka akan menjadi lebih murah lagi dibandingkan DSLR. 

Itu tadi kelebihan dari kamera mirrorless, tapi tak mungkin jika perangkat kamera tidak memiliki kekurangan,maka dari itu selain saya memeberikan informasi kelebihan kamera mirrorless saya pun akan memberikan  informasi mengenai kekurangan kamera mirrorless, dan berikut kekurangannya. Silahkan disimak!

EVF masih kurang responsif

Harus sabar menunggu agar teknologi EVF berevolusi dan makin canggih sehingga tidak lagi lelet.


mode continous masih jauh tertinggal


Karena mirrorles masih mengandalkan autofokus contrast detect. Mereka masih sangat lelet dan lemah saat memotret benda bergerak.


baterai tidak tahan lama


Dengan selalu mengandalkan LCD dan EVF saat memotret, baterai sebuah kamera mirrorless cepat habis, rata-rata beterai mirrorless habis setelah memotret 400-an franme, bandingkan dengan DSLR yang bisa tahan ribuan

EVF belum realistik 

tampilan yang ada di viewfinder elektonis belum bisa natural, masih tampak terlalu tinggi contast nya

Kelebihan Dan Kekurangan Kamera Mirrorless Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Riyadi Nur Fajar

0 comments:

Post a Comment