Pengertian Dan Macam-Macam Bahasa Pemrograman

Pengertian bahasa pemrograman

Yang dimaksud dengan program adalah kumpulan instruktur yang digunakan utuk mengatur komputer agar melakukan suatu tindakan tertentu. Orang yang membuat program biasanya disebut programmer. Suatu program ditulis dengan mengikuti kaidah bahasa pemrograman tertentu. Komputer bekerja seperti switching dan hanya mengenali 0-1 dan manusia dapat mengerjakan suatu intruksi berdasarkan kalimat-kalimat. Jadi, kita perlu adanya bahasa penghubung agar komputer mampu mengerti segala instruksi dari manusia, yang kita sebut sebagai bahasa pemrograman.




Dalam dunia pemrograman dikenal berbagai macam bahasa pemrograman, namun yang lebih umum digunakan adalah pascal, java, C, C++, dan BASIC.
Secara garis besar, bahasa-bahasa pemrograman dapat dikelompokan menjadi:
  • Bahasa beraras tinggi - high level language (assembler)
  • Bahasa beraras sedang - medium level language (C,Pascal,Fortran)
  • Bahasa beraras tinggi - low level language (java,C++)
Semakin tinggi tingkatan bahasa, semakin sulit dipahami oleh programmer (manusia), dan semakin rendah tingkatannya, semakin mudah pula dimengerti oleh komputer.

Macam-macam bahasa pemrograman

Java
Java adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan diberbagai komputer termasuk telepon genggam.

PHP
PHP adalah bahasa pemrograman script yang paling banyak dipakai saat ini. PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Pada waktu itu PHP masih bernama FI (Form Interpreted), yang wujudnya berupa sekumpulan script yang digunakan utuk mengolah data form dari web.

HTML
HyperText Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser internet.

Visual C++
Visual C++ adalah sebuah produk Intergrated Development Environment (IDE) untuk bahasa pemrograman C dan C++ yang dikembagkan Microsoft. Visuak C++ merupakan salah satu bagian dari paket microsoft visual studio.

Javascript
Javascript adalah bahasa scripting yang handal yang berjalan pada sisi client. Javascript merupakan sebuah bahasa scripting yang dikembangkan oleh Netscape.

CSS
Cascading Style Sheets (CSS) adalah suatu bahasa stylesheet yang digunakan untuk mengatur tampilan suatu dokumen yang ditulis dalam bahasa markup.

XML
Extensible Markup Language (XML) adalah bahasa markup serbaguna yang direkomendasikan W3C untuk mendeskripsikan berbagai macam data. XML menggunakan markup tags seperti halnya HTML namun penggunanya tidak terbatas pada tampilan halaman web saja. XML merupakan suatu metode dalam membuat penanda atau markup pada sebuah dokumen

Pengertian Dan Macam-Macam Bahasa Pemrograman Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Riyadi Nur Fajar

0 comments:

Post a Comment