Pengertian Dan Komponen Pada Printer

Printer diambil dari dua suku kata bahasa inggris "print dan er". Print dari kata kerja yang artinya Cetak, sedangkan er kata ganti orang maupun benda. Printer jika diartikan secara luas berarti pencetak atau alat cetak, baik itu alat cetak gambar, cetak spanduk, cetak plat, dan sebagainya.





Arti printer lebih spesifik menurut ilmu komputer berarti alat untuk mencetak hasil kerja digital berupa file gambar dan tulisan. Printer pada umumnya terhubung dengan komputer maupun laptop untuk dapat bisa menghasilkan suatu pekerjaan cetak. Printer bekerja melalui perintah yang terprogram pada komputer atau laptop melalui perintah manusia sebagai yang menjalankan program.

Baca juga : komponen-komponen motherboard komputer

Printer bisa menghasilkan pekerjaan dengan cara Automatic program dan Manual Program. Contoh Automatic Program bisa dilihat pada mesin cetak Foto Copy yang telah ditanamkan Chip otomatis. Manusia hanya menjakankan perintah melalui tombol yang telah terpasang dan terprogram. Contoh manual program, saat ini kita menjalankan perintah print dengan menggunakan perangkat lain seperti laptop. Printer hanya bisa bekerja ketika kita menjalankan perintah menggunakan perangkat lain.

Adapula komponen-komponen pada printer sebagai berikut :

Catridge
Salah satu bagian dari perangkat printer yang berguna untuk menyimpan, mengatur dan tempat keluarnya tinta ketika proses mencetak.

Rumah catridge
Merupakan tempat untuk meletakan Catdrige.

Head
Merupakan salah satu bagian dari catdrige yang berfungsi untuk keluarnya tinta atau toner.

Chip
Merupakan bagian catridge yang berfungsi untuk menghubungkan catridge dengan mainboard printer.

Ink tank atau tabung tinta
Merupakan alat untuk menampung tinta.

Selang
Merupakan bagian dari sistem infus yang berfungsi sebagai saluran mengalirnya tinta dari tabung tinta menuju tempat penyimpanan sementara tinta di cartdrige.

Infus
Modifikasi atau model printer yang menggunakan media tabung infus sebagai media penyimpan media tinta dan dengan infus ini reffil tidak perlu lagi diisikan langsung ke catridge.

Tinta
Merupakan zat cair yang digunakan untuk membuat cetakan atau gambar menjadi berwarna. tinta ini terdiri dari 4 warna kombinasi

Roll
Merupakan bagian dari printer yang berfungsi untuk mengatur dan meluncurkan kertas yang akan digunakan untuk mencetak.

Pengertian Dan Komponen Pada Printer Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Riyadi Nur Fajar

0 comments:

Post a Comment