Kelebihan Dan Kekurangan Kamera Saku

Seringkali, pengguna kamera saku diremehkan oleh pengguna digital SLR karena anggapan bahwa semakin besar kamera, semakin baik hasilnya. Selain itu ada anggapan bahwa hasil jepretan kamera saku tidak profesional. Hal ini tidak sepenuhnya benar tapi banyak membuat Fotografer pemula yang baru belajar Fotografi menjadi minder.




Memang kemampuan kamera saku terbatas, tapi kamera saku juga memiliki kemampuan yang unik dan bisa menghasilkan foto yang dapat membuat banyak orang tercengang.

Baca juga : jenis-jenis kamera

Seperti DSLR, kamera saku juga merupakan alat Fotografi yang handal. Dua-duanya berguna di situasi yang berbeda dan tergantug gaya masing-masing pengguna.

Berikut kelebihan kamera saku.

Kamera saku memikiki ukuran sensor yang lebih kecil daripada kamera digital SLR, hal ini memberikan beberapa implikasi, salah satunya adalah kedalaman ruang yang besar, sehingga gambar yang diambil cenderung akan tajam dari ujung ke ujung.

Kamera saku juga memiliki ukuran badan yang relatif kecil dan bisa disimpan disaku atau tas kecil, untuk itu lebih mudah dibawa kemana-mana. Kelebihan ini cukup penting supaya anda dapat mengambil foto di momen yang tidak terduga.

kamera saku harganya terjangkau. Dengan harga antara satu setengah sampai empat juta, anda telah bisa membeli kamera digital saku yang handal, sedangkan kamera DSLR memerlukan dana lebih dari $500 belum termasuk lensa-lensa dan aksesoris seperti tas kamera, pembersih lensa dan sebagainya.

Namun kamera saku juga memiliki kekurangan seperti berikut ini.

Autofokus yang lambat, terutama untuk gambar yang bergerak
solusi : karena kamera saku memiliki kedalaman ruang yang besar, maka dengan menggunakan bukaan kecil dan manual fokus anda bisa melewati proses auto fokus di saat anda mengambil foto subjek foto yang bergerak cepat.

Kualitas gambar kurang bersih, gambar menjadi kurang bersih biasanya karena pengaturan ISO yang digunakan terlalu tinggi. Batas ISO yang layak di kamera saku biasanya sekitar ISO 200 sampai 400. Lebih dari itu, kualitas foto akan berkurang secara signifikan, oleh sebab itu, saya sarankan mengambil foto di ISO serendah mungkin. Akibat menggunakan ISO rendah, foto anda menjadi lebih rentan kabur, oleh sebab itu, saya sarankan menggunakan penyangga kamera seperti tripod.

Kelebihan Dan Kekurangan Kamera Saku Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Riyadi Nur Fajar

0 comments:

Post a Comment